IPX (Internetwork Packet Exchange)

Posted by Marga Sweetpink


  • Pengertian IPX (Internetwork Packet Exchange)

 IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh Sistem Operasi Novell Network (1980 sampai dengan 1990).
IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol komunikasi tanpa koneksi, seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan TCP/IP.
IPX (Internetwork Packet Exchange) digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari suatu titik didalam jaringan ketitik yang lainnya melalui sebuah inter network. IPX (Internetwork Packet Exchange) beroperasi dilapisan jaringan (lapisan ketiga OSI layer), dan dapat digunakan didalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan Protokol Data Link lainnya.


  • Pengalamatan IPX
  1. Jaringan-jaringan logis diberi alamat 32-bit bilangan hexadecimal dengan jangkauan 0x00000001 hingga 0xFFFFFFFE. Alamat ini dinamakan juga dengan alamat jaringan (Network Address).
  2. Setiap host memiliki alamat node-nya masing-masing yang secara defaultnya diatur ke alamat MAC yang digunakan oleh kartu jaringan node tersebut. Alamat node pun ditambahkan ke alamat jaringan untuk membuat tanda pengenal unik untuk host-host didalam jaringan.
sekian tentang IPX (Internetwork Packet Exchange)....

semoga bermanfaat... amin


Related Post



Posting Komentar