Apple Talk (Network Layer)

Posted by Marga Sweetpink

AppleTalk adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan KHUSUS untuk jaringan yang terdiri atas komputer-komputer Apple Macintosh, yang mengizinkan para penggunanya untuk saling berbagi berkas agar dapat di akses oleh pengguna lainnya.

Definisi AppleTalk adalah sebuah teknologi jaringan yang hanya mendukung 254 node untuk tiap jaringan fisiknya.
AppleTalk dapat berjalan diatas protokol Local Talk, Local Talk adalah sebuah antarmuka serial RS-499/RS-422 yang terdapat didalam komputer Macintosh.
Pada versi AppleTalk Phase 2 yang lebih baru, protokol yang didukung semakin luas, yaitu
  1. EtherTalk (untuk konektivitas dengan Ethernet)
  2. TokenTalk (untuk konektivitas dengan Token Ring)
  3. FDDI Talk (untuk konektivitas dengan FDDI)
Alamat mesin didalam jaringan berbasis AppleTalk secara acak akan diberikan ketika mesin tersebut dikoneksikan ke jaringan tersebut, dan mesin tersebut akan membuat sebuah paket yang dikirimkan secara BROADCAST untuk menjamin bahwa tidak ada mesin lainnya yang menggunakan alamat tersebut.
Pengalamatan dinamis ini disebut dengan AppleTalk Address Resolution (AARP).

Internetwork AppleTalk secara logis dibagi kedalam , fungsi utamanya untuk membuat sumber daya jaringan lebih mudah untuk diakses oleh pengguna. 
Zona AppleTalk adalah representasi logis dari beberapa node jaringan AppleTalk yang terdiri atas beberapa jaringan fisik. pemetaan zona dan alamat jaringan akan dilakukan oleh Protokol Zone Information Protocol (ZIP), yang kemudian membuat Zone Information Table (ZIT) yang disimpan dalam Router AppleTalk.

sekian untuk materi tentang AppleTalknya ,,, kata temen saya artinya (Apple yang berbicara).. wkwkwk..

semoga bermanfaat...
amin... 

Related Post



Posting Komentar